Thursday, June 3, 2010

INDONESIA'S SKETCHER CHAPTER MAKASSAR @ SOCIETEIT DE HARMONIE

giliran sketch on location di gedung kesenian Societeit de Harmonie yang terletak di jalan Riburane no.15 -Makassar. gedung peninggalan kolonial Belanda sejak 1896 ini sedang dalam proses revitalisasi. Awal direnovasi Mei 2009, namun memasuki bulan September 2009 proses pengerjaan mandeg karena kehabisan dana. dana tahap I sebesar Rp 610 juta hanya mampu digunakan untuk mendirikan beberapa pilar konstruksi. Pemprov Sulsel sendiri menaksir butuh sekitar Rp 6 miliar. Tapi, Anggaran , Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulsel hanya menganggarkan Rp 1 miliar. para pelaku seni Makassar hanya bisa gigit jari melihat icon kesenian kebanggan mereka dalam keadaan sekarat. apalagi semenjak PLN memutus aliran listrik di gedung tersebut, kini kegiatan berkesenian yang tergantung pada naungan gedung itu lumpuh total! aksi simpati telah digelar,salah satunya dengan mengadakan perhelatan KENDURI DUKA selama seminggu berturut-turut (16-22 April 2010).  selain obor, lampu kendaraan bermotor digunakan untuk menerangi acara yg diadakan pukul 19.00 WITA tersebut, mulai dari pentas musik, teater, pembacaan puisi hingga orasi.
"sikap anarkhi mahasiswa Makassar dalam berunjuk rasa boleh jadi akibat minimnya wadah berkesenian di kota ini" sesal sutradara teater Arman Dewarti, seperti yang dikutip oleh salah satu harian di Makassar...










2 comments:

DHAR CEDHAR said...

salut atas effort rekan2 sketchers Makassar dalam pengembangan seni sketsa di daerahnya. Semoga bisa memberi kontribusi yang berarti terhadap perkembangan seni sketsa khuseusnya dan lebih memperkenalkan kekayaan daerah di mata internasional.
Mohon disimpan semua karya terbaik, kelak akan mempunyai nilai lebih dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pameran dll.
Salam sketsa!

*shanti yani* said...

terimakasih atas bimbingan, saran, dan perhatiannya bang dhar. semoga IS bisa lbh berkembang lagi kedepannya. salam dari rekan2 di mks :)