Tuesday, December 22, 2009

Indonesia's Sketchers @ Surakarta

Indonesia’s Sketchers @ Surakarta Hadiningrat

Dec 22nd 2009.

Journal

Menutup tahun 2009, Eve mengajak saya untuk sketching di Surakarta.

Yah, kebetulan juga pas liburan akhir tahun, dan Natal bagi Eve, Selamat hari raya ya!

Awalnya hanya saya dan adik saya (reza, 8th) yang hadir dan bersketsa, kemudian datang Eve bersama adiknya, dan kemudian mas Doni yang datang dari Jogja ikut bersketsa bersama di pasar windujenar ini.

Perkembangan pasar windujenar ini sendiri cukup unik seiring perkembangan jaman. Kondisi yang kami tangkap melalui sketsa kali ini adalah kondisi pasar yang baru saja dipugar dengan bentuk yang lebih modern dan nyaman. Dengan tentunya sesuai dengan estetika lingkungan yang ada. Sayangnya karena terhitung pasar yang baru, pembentukan karakter kiosnya masih belum terasa kental.

Pasar barang antik yang berlokasi di pusat kota surakarta ini sempat berganti nama menjadi pasar Triwindu pada jaman colonial, dan kemudian namanya dirubah kembali menjadi pasar Windujenar dengan bentuk fisik bangunan yang baru.

Meskipun secara fisik pasar barang antic tradisionalnya berubah menjadi pasar modern, pola komunikasi antara pedagang dan pembeli di sini masih cukup tradisional, dengan tawar menawar, dan bahkan anda bias melakukan barter disini.

Teristimewa dari pasar Windujenar sekarang ini adalah adanya public space yang cukup luas dan cantik untuk masyarakat Surakarta.




ada beberapa anak dari pedagang barang antik di pasar windujenar yang ikut nimbrung, hingga akhirnya saya beri mereka kertas dan pensil untuk ikut menggambar.



3 comments:

CEDHAR said...

senang melihat kegiatan ini, mudah2an temen2 di Surakarta (terutama Andhika dan Eve) tidak lelah untuk selalu menularkan virus sketsa ini kepada semua orang....
Sukses untuk IS@SURAKARTA, saya menunggu kabar bagus berikutnya....
salam dari Jakarta!

Gunawan Wibisono said...

wah ... kegiatannya sukses ya ... salam untuk teman teman di Surakarta

andhika_XIII said...

matur suwun...
tidak akan lelah mas,,,
januari saya ada project yang akan saya gabungkan dengan kesenangan saya di masa lampau yang lain,,,,