Saturday, August 25, 2012

Tengger Massif

Tengger Massif atau gugusan Pegunungan Tengger berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, gugusan pegunungan ini terdiri dari Gn.. Bromo, Gn. Batok, dan Gn. Semeru.



Ini adalah kali kedua saya berkunjung ke Bromo, kunjungan pertama pada tahun 1991. Kali ini saya tidak naik ke bibir caldera Bromo, tetapi saya berkeliling lebih banyak tempat seperti Penanjakan, Pasir berbisik dan padang savana.

Tengger Massif, Gunung Batok di depan dengan bentuk cone, Gunung Bromo tampak di sebelah belakang kiri dari Gunung Batok, caldera ini biasanya mengeluarkan asap dengan bau belerang yang menyengat. Tampak jauh di latar belakang adalah Gunung Semeru, gunung tertinggi di P. Jawa.

Jeep 4WD berjajar di lautan pasir Ngadisari dekat di kaki Gn. Batok dan Gn. Tengger.
Menunggang kuda juga merupakan cara memjelajahi daerah ini.

Kenadaraan kendaraan berhenti di sebuah tempat yang disebut oleh sopir kami sebagai "Pasir Berbisik". Tempat ini merupakan lokasi shooting film yang berjudul sama.

Salah satu kesukaan saya ketika duduk di samping pak sopir ... menggambar sopir yang sedang mengemudi.
kali ini jauh lebih sulit karena guncangan jalur off road dan tikungan tajam melingkar.
Pemandangan yang spektakuler dari Penanjakan, ketika matahari baru saja terbit dan puncak puncak gugusan gunung tersentuh sinarnya. Para wisatawan berkumpul di Penanjakan menunggu matahari terbit, suhu saat itu 8 derajat celcius.

No comments: