Monday, November 30, 2009

PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN

Pada tgl 27 November 2009 lalu seluruh umat Muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Di Indonesia hari itu juga dikenal sebagai Lebaran Haji karena pada saat itulah umat muslim menunaikan rukun Islam yang ke lima; menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah bagi mereka yang mampu. Pada momen ini juga ditandai dengan penyembelihan hewan kurban berupa seekor kambing, domba, sapi ataupun kerbau dimana dagingnya akan dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya.
Di sekitar tempat tinggal saya, acara penyembelihan hewan kurban diadakan di sebuah tanah kosong milik seorang warga. Meski sebenarnya agak ngeri dan saya tidak tahan melihat darah saat penyembelihan berlangsung, tetapi untuk bisa menskets dengan baik saya memaksakan diri untuk lebih dekat lagi dengan objek. Ini merupakan saat pertama saya berada di area penyembelihan seperti iyu dengan membawa sketchbook. Cukup berat saat menskets kejadian ini karena waktu penyembelihan sangat singkat, tidak lebih dari dua menit dan hewan kurban segera dibawa ke tempat gantungan untuk dikuliti.


Skets beberapa hewan korban.
Skets ini saya buat sehari sebelum acara penyembelihan. Untuk semua sketsa saya menggunakan Kenko HI-TECH-H #0,28 warna hitam untuk line art dan Cotman Sketcher Box dari Winsor&Newton untuk pewarnannya.




Proses penyembelihan hewan korban.
Karena waktu yang sangat singkat, pada tahap awal saya membuat garis besar masing-masing objek secara kasar dan cepat. Kemudian mulai melengkapi dan meyempurnakannya. Saat saya mulai melakukan ini, hewan sudah dibawa ke tempat penggantungan untuk dikuliti. 

Saya tambahkan warna pada beberapa bagian yang saya penting sebagai sentuhan akhirnya.



Proses mengkuliti hewan korban
Proses ini dilakukan oleh dua orang. Setelah pengkulitan selesai, seluruh isi perut dikeluarkan kemudian bagian tubuh hewan dipotong menjadi beberapa bagian.








2 comments:

littlered ridinghood said...

Ngeriii ngeliatnya Mas.. apalagi pas nyeket ini ya. salut sama kegigihan Mas Dhar menyingkirkan rasa 'gak enak' melihat momen ini untuk dapat menggambarnya..Makasih sudah berbagi Mas. keren!

Dewi Sempurna said...

alhamdulillah terimakasih atas informasi mengenai kurbannya