Friday, May 24, 2013

PELABUHAN TRADISIONAL KALIMAS SURABAYA

 Pelabuhan Kalimas Surabaya adalah tempat bongkar muat bagi kapal kapal dagang yang bersandar di pelabuhan surabaya. mempunyai sejarah panjang dalam sejarah surabaya. pelabuhan ini letaknya menjorok masuk ke dalam aliran sungai muara Kalimas, diyakini sudah ada sejak berabad yang lalu, semenjak jaman kerajaan kerajaan di Jawa masih berkuasa, merupakan pelabuhan besar sebagai tempat perdagangan dimasa lampau, yang mempengaruhi banyak peradaban dan budaya Surabaya menjadi lebih bervariasi dangan masuknya pedagang pedagang manca negara sejak jaman dahulu. menjadikan Kota Surabaya menjadi kota yang berragam macam penduduknya. Karena itu di Kota Tua Surabaya masih banyak peninggalan gedung Tua yang bergaya arsitek Eropa, China atau Arab.
Pada masa jaman Majapahit pelabuhan ini sangat dominan karena menjadi pintu masuk perdagang dari dunia luar ke Kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Angkatan Lautnya yang hebat.

Jajaran kapal kapal dagang yang sedang bongkar muat menjadi obyek menarik untuk dijadikan karya sketsa, namun karena panasnya area pelabuhan, jika ada yang ingin ber sketsa ria dengan obyek obyek disini sebaiknya dimulai pada pagi hari. selain kapal kapal dagang, banyak juga gedung gedung tua peninggalan jaman kolonial yang sangat menarik untuk di abadikan dalam sketsa.

 Salam Sketsa!






No comments: