Sunday, January 6, 2013

Tanah Lot

Salah satu tempat yang sangat populer untuk dikunjungi di Bali adalah Tanah Lot. Tanah Lot berada di Kabupaten Tabanan. Saya datang ke sini dari daerah Kuta, tepatnya dari Sunset Road dengan diantar penunjuk jalan dan sopir kami selama berada di Bali yaitu Blih Roni, yang berasal dari Timor timur tetapi sudah lama tinggal di Bali.

Tanah Lot mempunyai arti tanah yang berada di laut. Pura yang berada di Tanah Lot adalah Pura Umum (bukan Pura Banjar) yang didirikan di atas batu karang di tepi laut yang menghadap Samudra Hindia. Batu karang tersebut terpisah dengan batu karang yang lainnya dan bilamana air laut sedang pasang maka pura Tanah Lot terlihat seperti mengapung karena dikelilingi oleh air laut yang berombak.




Blih Roni ... pemandu jalan dan sopir selama kami ada di Bali.

Sebuah Pura kecil, juga berada di atas karang dengan latar belakang Lautan Hindia. Tampak adalah candi bentar (pintu gerbang) dengan Apit Lawang di depannya.

Pura Tanah Lot yang sangat terkenal itu ... dibangun tepat di atas batu karang dengan ombak Lautan Hindia yang menderu.


2 comments:

topSpot | Find your top spot here said...

Tanah Lot memang terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), dan asyiknya adalah ketika turis-turis yang biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di tempat tersebut.

Gunawan Wibisono said...

ha ha ha ... terkadang para tourist asing lebih menarik perhatian daripada objek wisata itu sendiri :)