Wednesday, February 8, 2012

Ketoprak Punya Cerita

Sebuah artwork mengenai kuliner lokal bernama "Ketoprak". Penjual ketoprak ini beraktifitas di Bekasi, di wilayah Kemang Pratama. Dulunya tempat ini sekolah sekaligus tempat nongkrong teman-teman, jujur saya jarang nongkrong saat itu. Akrabnya ketoprak ini dinamai teman-teman sebagai "Ketoprak Eros" singkat cerita karena yang berjualan memang mirip dengan Eros gitaris Sheila on 7.

Ketoprak adalah makanan yang berasal dari Jakarta salah satu jenis makanan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong yang bentuknya khas di jalan-jalan atau di kaki lima.

Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya. Harganya sekitar 5000 - 10000 rupiah per porsi.


Gerobak Ketoprak


Dapur Racik Bumbu


Ketoprak

Iseng gambar dan kumpul teman-teman di Bekasi, kali ini ditemani Khalid, Penpen, Mas Yudho, dan Acel dari pagi hingga siang, terima kasih sudah menemani dan turut meramaikan bersama.


15 x 21 cm
Watercolor and pencil on paper
2012
@agapratama

3 comments:

perdu liar said...

jadi ingat karya Bang Widiyatno: Ketoprak Rules :)

Nugraha Pratama said...

iya, haha saat gambar ini juga aku teringat karya mas wid, cuma ceritanya beda, ketoprak ini bercerita saat aku masih SMA di tempat nongkrong bareng hehe.

obat herbal kanker payudara said...

harga yang ekonomis sekarang udah 6rb/porsi